Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

Olimpiade Tahunan Matematika (OTAMA) II Sukses Digelar

Olimpiade Matematika Tahunan  (OTAMA) merupakan kegiatan rutin  tahunan  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Tahun ini merupakan penyelenggaraan OTAMA yang kedua.  OTAMA II diselenggarakan pada hari Sabtu – Minggu, tanggal 20 – 21 Oktober 2018 di Gedung G Lantai 4, 5 dan  6 Universitas Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh 53 tim yang terdiri dari tim SD/MI sebanyak 19 tim, tim SMP/MTs sebanyak 21 tim dan tim SMA/SMK/MA sebanyak 13 tim. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa/siswi tingkat SD, SMP dan SMA sederajat dalam bidang matematika.

Pada hari pertama, kegiatan OTAMA II dibuka secara resmi oleh Dr. Casmudi, M.M. selaku Wakil Rektor I Universitas Balikpapan dan dilanjutkan babak penyisihan yang dilaksanakan dari pukul 10.00 – 12.00 untuk menentukan lima tim dari masing-masing tingkatan yang masuk ke babak final. Selain itu, kegiatan Forum Group Discussion (FGD) antara guru pendamping dan dosen Program Studi Pendidikan Matematika juga dilaksanakan sebagai ajang diskusi mengenai pembelajaran matematika. Kegiatan FGD dibuka oleh Husnul Khotimah, M.Pd. selaku moderator kemudian dilanjutkan oleh pemaparan yang disampaikan oleh Ganjar Susilo, M.Pd. tentang penggunaan modul pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMP  menjelang ujian nasional. Pemaparan kedua disampaikan oleh Suci Yuniarti, M.Ed. tentang penggunaan modul pembelajaran berbantuan GeoGebra yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran aplikasi integral di SMA. Kegiatan FGD diakhiri dengan sesi tanya jawab antara guru dan dosen mengenai presentasi yang disampaikan serta pembelajaran matematika di lapangan.

Pada hari kedua, sebanyak lima tim dari masing-masing tingkat SD, SMA dan SMA sederajat mengikuti babak final yang dilaksanakan dari pukul 08.00 – 13.00. Kelima tim dari masing-masing tingkatan berkompetisi untuk memperebutkan Juara 1, 2 dan 3. Selain itu, Juara 1 dari masing-masing tingkatan juga mendapatkan Piala Bergilir dan uang pembinaan. Piala Bergilir yang diperebutkan terdiri dari Piala Bergilir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan dan Piala Bergilir Rektor Universitas Balikpapan untuk tingkat SD dan SMP, sedangkan pada tingkat SMA hanya memperebutkan Piala Bergilir Rektor Universitas Balikpapan. Penyerahan piala kepada  masing-masing pemenang dilakukan oleh Dr. H. Sugianto, M.M. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tutik Yuliani, M.Sc. selaku Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta dosen-dosen di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan. Berikut ini pemenang OTAMA II untuk masing-masing tingkatan:

Tingkat SD/MI:

Juara 1: SD Kristen IPEKA Balikpapan

Juara 2: SD Nasional KPS Balikpapan

Juara 3: SD Katholik Santa Theresia Balikpapan

Tingkat SMP/MTs:

Juara 1: SMP Negeri 1 Balikpapan

Juara 2: SMP Kristen IPEKA Balikpapan

Juara 3: SMP Pelita Hati Balikpapan

Tingkat SMA/SMK/MA:

Juara 1: SMA Negeri 1 Balikpapan (Tim B)

Juara 2: SMA Negeri 1 Balikpapan (Tim C)

Juara 3: SMA Negeri 2 Balikpapan

Seluruh sivitas akademika  mengucapkan selamat kepada semua pemenang dan terima kasih kepada HMPS Pendidikan Matematika selaku penyelenggara serta semua pihak yang membantu kelancaran kegiatan OTAMA II.