Error
  • The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

Dosen Pendidikan Matematika FKIP Uniba Presentasi di Seminar Nasional XII 2018

Tiga orang dosen Pendidikan Matematika FKIP Uniba mengikuti kegiatan Seminar Nasional Matematika XII 2018 dengan tema "Penguatan Pemecahan Masalah dan Literasi Matematis Menghadapi Era Disrupsi". Seminar tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018 di Ruang Aula Gedung Dekanat FMIPA Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 327 orang (peserta dan pemakalah) yang berasal dari 21 instansi di 17 propinsi di Indonesia. Pembicara utama dalam seminar ini adalah Assoc. Prof. Toh Tin Lam, peneliti yang tertarik pada area Problem Solving dari National Institute of Education – Nanyang Technology University (NIE-NTU) Singapura dan Dr. Wardono, M.Si., peneliti yang menekuni bidang literasi matematis dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Indonesia.

Dalam seminar ini, Ryan Angga Pratama, M.Pd.mempresentasikan artikel hasil penelitian dengan judul "Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Balikpapan" pada sesi diskusi panel, sedangkan  Rahayu Sri Waskitoningtyas, M.Pd. dan Besse Intan Permatasari, M.Pd. berpartisipasi sebagai peserta.

Mahasiswa Pendidikan Matematika menjadi Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2018

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika atas nama Annisa Gianti Larasati, Ni’matur Rohmah dan Siti Rahmah Lubis menjadi Finalis dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 21 Oktober 2018 di Universitas Muhammadiyah Makassar. Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2018 adalah pelaksanaan PIKIR yang ke delapan dimana lomba tersebut mulai dilaksanakan pada tahun 2010. Pada tahun ini, PIKIR 2018 mengambil tema “Peran Generasi Mileneal Menuju Indonesia Berdikari” dan diikuti oleh perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

PIKIR 2018 terdiri dari dua tahap yaitu babak penyisihan dan babak final. Dalam babak penyisihan, Panitia PIKIR 2018 menyeleksi karya ilmiah yang masuk untuk menentukan 15 tim yang masuk ke babak final. Dari 15 tim yang terpilih menjadi finalis, tim dari Universitas Balikpapan merupakan satu-satunya tim dari perguruan tinggi di Kalimantan yang lolos ke babak final. Dalam babak final, semua finalis mempresentasikan karya ilmiah masing-masing baik dalam bentuk poster maupun oral presentation. Judul karya ilmiah yang dipresentasikan oleh tim dari Universitas Balikpapan adalah “Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Naga Menjadi Bahan Baku Pembuatan Es Krim sebagai Alternatif Jajanan Sehat bagi Anak di Kota Balikpapan”.

Seluruh sivitas akademika mengucapkan selamat dan terima kasih kepada tim mahasiswa yang telah menorehkan prestasi sebagai Finalis di lomba tingkat nasional. Semoga apa yang diraih menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk menorehkan prestasi pada lomba serupa dan lomba lainnya di masa yang akan datang.

Olimpiade Tahunan Matematika (OTAMA) II Sukses Digelar

Olimpiade Matematika Tahunan  (OTAMA) merupakan kegiatan rutin  tahunan  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Tahun ini merupakan penyelenggaraan OTAMA yang kedua.  OTAMA II diselenggarakan pada hari Sabtu – Minggu, tanggal 20 – 21 Oktober 2018 di Gedung G Lantai 4, 5 dan  6 Universitas Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh 53 tim yang terdiri dari tim SD/MI sebanyak 19 tim, tim SMP/MTs sebanyak 21 tim dan tim SMA/SMK/MA sebanyak 13 tim. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa/siswi tingkat SD, SMP dan SMA sederajat dalam bidang matematika.

Pada hari pertama, kegiatan OTAMA II dibuka secara resmi oleh Dr. Casmudi, M.M. selaku Wakil Rektor I Universitas Balikpapan dan dilanjutkan babak penyisihan yang dilaksanakan dari pukul 10.00 – 12.00 untuk menentukan lima tim dari masing-masing tingkatan yang masuk ke babak final. Selain itu, kegiatan Forum Group Discussion (FGD) antara guru pendamping dan dosen Program Studi Pendidikan Matematika juga dilaksanakan sebagai ajang diskusi mengenai pembelajaran matematika. Kegiatan FGD dibuka oleh Husnul Khotimah, M.Pd. selaku moderator kemudian dilanjutkan oleh pemaparan yang disampaikan oleh Ganjar Susilo, M.Pd. tentang penggunaan modul pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMP  menjelang ujian nasional. Pemaparan kedua disampaikan oleh Suci Yuniarti, M.Ed. tentang penggunaan modul pembelajaran berbantuan GeoGebra yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran aplikasi integral di SMA. Kegiatan FGD diakhiri dengan sesi tanya jawab antara guru dan dosen mengenai presentasi yang disampaikan serta pembelajaran matematika di lapangan.

Pada hari kedua, sebanyak lima tim dari masing-masing tingkat SD, SMA dan SMA sederajat mengikuti babak final yang dilaksanakan dari pukul 08.00 – 13.00. Kelima tim dari masing-masing tingkatan berkompetisi untuk memperebutkan Juara 1, 2 dan 3. Selain itu, Juara 1 dari masing-masing tingkatan juga mendapatkan Piala Bergilir dan uang pembinaan. Piala Bergilir yang diperebutkan terdiri dari Piala Bergilir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan dan Piala Bergilir Rektor Universitas Balikpapan untuk tingkat SD dan SMP, sedangkan pada tingkat SMA hanya memperebutkan Piala Bergilir Rektor Universitas Balikpapan. Penyerahan piala kepada  masing-masing pemenang dilakukan oleh Dr. H. Sugianto, M.M. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tutik Yuliani, M.Sc. selaku Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta dosen-dosen di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Balikpapan. Berikut ini pemenang OTAMA II untuk masing-masing tingkatan:

Tingkat SD/MI:

Juara 1: SD Kristen IPEKA Balikpapan

Juara 2: SD Nasional KPS Balikpapan

Juara 3: SD Katholik Santa Theresia Balikpapan

Tingkat SMP/MTs:

Juara 1: SMP Negeri 1 Balikpapan

Juara 2: SMP Kristen IPEKA Balikpapan

Juara 3: SMP Pelita Hati Balikpapan

Tingkat SMA/SMK/MA:

Juara 1: SMA Negeri 1 Balikpapan (Tim B)

Juara 2: SMA Negeri 1 Balikpapan (Tim C)

Juara 3: SMA Negeri 2 Balikpapan

Seluruh sivitas akademika  mengucapkan selamat kepada semua pemenang dan terima kasih kepada HMPS Pendidikan Matematika selaku penyelenggara serta semua pihak yang membantu kelancaran kegiatan OTAMA II.

 

PENGUMUMAN UAS

Perkuliahan dan pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil T.A. 2017/2018, sebagai berikut :

  1. Minggu tenang pada tanggal 26 Desember 2017 s.6 Januari 2018.
  2. Pelaksanaan UAS Ganjil TA. 2017/2018 dilaksanakan tanggal 8 Januari s.19 Januari 2018.
  3. Ujian susulan dilaksanakan pada22 s.d 24 Januari 2018.
  4. Mahasiswa yang akan mengikuti UAS diharuskan telah melunasi : BKP, SKS dan SPFP.
  5. Biaya UAS sebesar Rp. 10.000,-/SKS semua fakultas dan semua angkatan (untuk D4K3 mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 dikenakan biaya UAS).
  6. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BRI dengan no rek. 063001000335301 an Yapenti DWK sesuai sks yang diambil (Biaya SKS Skripsi dan KKN tidak dibayar).
  7. Pengambilan Kartu Ujian di mulai pada tanggal :
  1. 6 s.d. 12 Desember 2017 untuk mahasiswa Fakultas D4K3, Hukum, FTSP, Fakultas Sastra, dan FKIP.
  2. 11 s.d.16 Desember 2017 Fakultas Ekonomi.
  3. 18 s.d.23 Desember 2017 Fakultas Teknologi Industri.
  4. Untuk mahasiwa semester I (satu) wajib mengisi data pribadi dengan membuka website pmb.uniba-bpn.ac.id  klik daftar mahasiswa baru dan diserahkan ke loket BAA saat pengambilan kartu ujian.
  5. Pengambilan kartu ujian di Loket BAA :  

                - Senin s/d Jum’at pada jam 09.00 s/d 15.00 Wita

                - Sabtu pada jam 09.00 s/d 12.00 Wita.

     8. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BRI dengan no

         rek. 063001000335301 an Yapenti DWK sesuai sks yang diambil (Biaya

         SKS Skripsi dan KKN tidak dibayar).

  1. Tanggal 8, 10, 12, 16 dan 18 Januari 2018 yang melaksanakan UAS adalah Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, FTSP dan FTI.
  2. Tanggal 9, 11, 15, 17, dan 19 Januari 2018 yang melaksanakan UAS adalah Fakultas Ekonomi, FKIP dan Fakultas D4K3.

 

Demikian kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

                                                                                     An Rektor

                                                                                     Wakil Rektor I,

 

                                                                                     Dr. Casmudi, S.Pd., M.M.

                                                                                     NIK. 007 006 324